Buah Manggis sebagai Komoditi Ekspor Indonesia

Indonesia kaya berbagai jenis tanaman buah. Namun, buah impor justru membanjiri pasar domestik, sedangkan buah khas Indonesia dipasarkan secara terbatas. Manggis (Garcinia mangostana L.) , buah tropis asli Indonesia, yang dikembangkan melalui Riset Unggulan Strategis Nasional atau Rusnas mampu menjadi produk unggulan Indonesia di pasaran dunia, 10 tahun terakhir. Manggis merupakan komoditi buah eksotik yang dijuluki dengan “ Queen of the Tropical Fruits ” karena warna dan rasanya yang unik . Perpaduan rasa manis dan asam dalam tekstur daging yang lembut, berair, terasa begitu menyegarkan. Jumlah daging buahnya pun bisa dihitung dari kelopak yang ada di pangkal buah.

Manggis memiliki peluang ekspor yang cukup menjanjikan. Dari tahun ke tahun permintaan manggis meningkat seiring dengan kebutuhan konsumen terhadap buah ini , baik untuk konsumen dalam negeri maupun luar negeri .

Ekspor manggis di Indonesia mengalami peningkatan. Data menunjukan Volume ekspor buah manggis  pada tahun 2006 mencapai 5.698 ton atau senilai 3,6 juta US $. Rata-Rata persentase ekspor manggis dibandingkan ekspor buah total dari tahun 2002 – 2006 adalah sebesar 34,3% (Ditjen Hortikultura, 2008). Perkembangan untuk volume ekspor buah sepanjang Januari dan Februari 2010 pun meningkat signifikan, bahkan nyaris menyamai volume ekspor sepanjang tahun 2009. Berdasarkan  data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor manggis yang lazim disebut exotic fruit untuk periode Januari dan Februari 2010 mencapai 8.225 ton , melejit 91% dibandingkan volume ekspor Januari- Februari 2009 yang hanya 4.285 ton. Sementara nilainya melejit 120% dari US$ 2.781.712 di Januari-Februarti 2010 menjadi US$ 6.310.272.

Peluang ekspor manggis masih terbuka karena pasar buah-buahan , termasuk manggis , belum dibatasi oleh kuota. Di Indonesia, hingga saat ini buah manggis telah di ekspor ke negara Taiwan, Hongkong, Singapura, Malaysia, Jepang, Belanda, dan Arab Saudi , akhir tahun 2012 pun pemerintah akan mengekspor manggis ke Australia .

Sebagai komoditas buah ekspor, kualitas buah menjadi faktor yang sangat penting. Kriteria persyaratan manggis untuk ekspor adalah tidak burik, segar, warna sepal hijau segar, jumlah sepal lengkap (dengan toleransi hilang maksimal satu), kulit buah berwarna hijau keunguan sampai merah ungu, tangkai buah berwarna hijau segar dan kulit buah mulus dan tidak terdapat cacat (Ditjen Bina Produksi Hortikultura, 2004).

Wilayah andalan manggis di Indonesia salah satunya berada di Jawa Barat. Wilayah andalan manggis di Jawa Barat terdapat di Kabupaten Tasikmalaya, Purwakarta, Sukabumi, Bogor, Ciamis, dan Cianjur (Ditjen Bina Produksi Hortikultura, 2004).

Tanaman manggis di Indonesia sebagian besar merupakan warisan leluhur yang telah berumur puluhan tahun dan umumnya kurang terpelihara sehingga produktivitasnya rendah. Pertumbuhan dan produktivitas tanaman manggis sangat bergantung pada teknik penanaman dan pemeliharaan.  Kendala utama dalam meningkatkan ekspor manggis adalah rendahnya kualitas buah manggis  yang disebabkan oleh getah kuning. Getah kuning menyebabkan kualitas buah manggis menjadi tidak layak ekspor karena bentuknya yang tidak mulus dan dapat mencemari daging buah sehingga menyebabkan rasa tidak enak. Selain itu ada pula gangguan hama yang dapat menurunkan harga jual , antara lain kutu putih , ulat penggorok daun , tungau , hawar upas ,thrip , hawar rambut kuda (Balai Penelitian Tanaman Buah , 2006)

Untuk itu perlu dilakukan upaya guna meningkatkan  manggis di Indonesia melalui introduksi inovasi teknologi untuk meningkatkan produksi dan kualitas buah manggis melalui perbaikan teknologi budidaya.  Beberapa tahun ini sedang digiatkan peremajaan  kebun manggis hutan menjadi bentuk kebun, dan pengembangan kebun manggis percontohan di sentra produksi utama, terutama di Kabupaten Bogor, Limapuluh Kota, dan Tasikmalaya.

 

Referensi :

wikipedia.org , deptan.go.id , diperta-jabarprov.go.id

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 438 other followers

%d bloggers like this: